Search This Blog

Ini 3 Usaha Kuliner Penyebab Luberan Minyak di Dekat Tugu Jogja - detikJogja

Ini 3 Usaha Kuliner Penyebab Luberan Minyak di Dekat Tugu Jogja - detikJogja

Daftar Isi

Jogja -

Biang kerok penyebab luberan minyak dari gorong-gorong dekat Tugu Pal Putih Jogja beberapa waktu lalu akhirnya terungkap. Pemkot Jogja menyebut luberan minyak itu berasal dari tiga unit usaha kuliner di sekitar Tugu.

Kepala Satpol PP Kota Jogja, Octo Noor Arafat membeberkan, ketiga usaha kuliner tersebut sempat dipanggil untuk dimintai keterangan.

"Tiga usaha kuliner yaitu Kebon Dalem, Warmindo, dan Tanosi," jelas Octo dalam jumpa pers, pekan lalu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara itu Penjabat (Pj) Wali Kota Jogja, Singgih Raharjo, menjelaskan sumber luapan minyak itu terungkap setelah ada investigasi dan olah TKP.

"Setelah kita lakukan investigasi, olah TKP, kemudian disimpulkan, penyebab terjadinya luapan limbah minyak yang ada di Tugu. Dapat disimpulkan bahwa ada beberapa usaha jasa yang masing-masing punya kontribusi yang berbeda-beda," ungkap Singgih Raharjo di Balai KotaJogja.

Dengan adanya hasil investigasi ini, Pemkot Jogja pun langsung melayangkan teguran terhadap ketiga usaha kuliner tersebut.

"Kami sudah menerbitkan surat teguran tertulis sudah meluncur ke (pelaku) usaha kuliner," sambungnya.

Perda Pengolahan Limbah Domestik

Octo menambahkan mengenai pengolahan limbah domestik sudah diatur dalam Perda Nomor 6 Tahun 2009 tentang pengelolaan air limbah domestik. Perda tersebut mengatur beberapa benda yang tidak boleh di buang ke Saluran Air Limbah (SAL). Dalam Perda tersebut juga mengatur unit usaha diwajibkan memiliki alat pengolahan limbah mandiri sebelum membuang ke SAL.

"Untuk kondisi real di lapangan ini ketiganya memiliki andil untuk terjadinya luberan (minyak). Tapi memang pada prinsipnya satu penyambungan harus berizin," ungkap Octo.

3 Usaha Belum Kantongi Izin SAL

Dijelaskan Octo, ketiga unit usaha kuliner tersebut juga diketahui belum memiliki izin penyambungan dari unit usaha ke SAL.

"Dalam waktu tujuh hari kita berikan kesempatan untuk mengurus perizinannya," lanjut Octo.

Octo juga mengungkap fakta jika ketiga unit usaha tersebut sebenarnya telah memiliki instalasi pengolah limbah mandiri.

Namun, kata Octo, tiga unit usaha yang rata-rata berdiri pada tahun 2020-2021, yang mana masih dalam Pandemi COVID-19, membuat instalasi pengolah limbah dengan kapasitas yang kecil.

"Tapi di tahun 2023 ini karena sudah tidak ada pembatasan sehingga ada peningkatan pengunjung yang berdampak pada beban instalasi pengolah air limbah yang dimiliki oleh unit usaha tersebut," ujar Octo.

"Sehingga kemarin ketika cek mereka sudah melakukan pemesanan dan beriktikad baik untuk melakukan peningkatan kapasitas instalasi pengolahan air limbah yang mereka miliki," ujar dia.

Simak Video "Mudahnya Berwisata ke Jogja dengan Angkutan Antarmoda KSPN "
[Gambas:Video 20detik]
(apl/sip)

Adblock test (Why?)



2023-11-20 02:55:18Z

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini 3 Usaha Kuliner Penyebab Luberan Minyak di Dekat Tugu Jogja - detikJogja"

Post a Comment

Powered by Blogger.