Search This Blog

Berkah Pemilu, Usaha Batik Tulis Ronggo Mukti Banjir Pesanan - Investor.ID

Berkah Pemilu, Usaha Batik Tulis Ronggo Mukti Banjir Pesanan - Investor.ID

JAKARTA, investor.id - Usaha kerajinan batik tulis Ronggo Mukti di Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, kebanjiran pesanan di momen pesta demokrasi Pemilu 2024 ini.

Pesanan banyak datang dari partai politik atau parpol, serta para calon legislatif atau caleg yang bermaksud memberikan seragam bagi para tim sukses, atau para pendukungnya.

Selama Pemilu 2024 ini, tak kurang dari 100 pesanan yang sudah datang. Pesanan batik tulis tersebut baik berupa kain potongan atau setengah jadi, serta yang sudah dalam bentuk baju atau pakaian jadi.

Advertisement

Pemilik usaha batik tulis Ronggo Mukti, Mahrus Ali mengatakan, pesanan batik tulis mulai berdatangan semenjak memasuki tahapan Pemilu 2024 lalu. Kondisi itu menurutnya, menjadi berkah tersendiri bagi usaha batiknya.

"Momen Pemilu ini memang berdampak terhadap naiknya omset usaha batik tulis di sini,"ungkapnya, Minggu (28/01/2024).

Mahrus menyebutkan, kalau umumnya para pemesan batik dari partai politik memesan batik dengan motif yang disesuaikan, dengan filosofis partainya.

Pun demikian, pesanan batik oleh para calon legislatif. Umumnya mereka memesan batik tulis, sesuai dengan wilayah atau daerah tempat pemilihannya.

"Untuk kain batik harganya variatif, tergantung motif dan kualitas bahan yang digunakan. Ada yang mulai Rp 200. 000, Rp 250.000 hingga Rp 300.000. Sedangkan untuk baju standartnya Rp 350.000 per baju, "terang Mahrus.

Ditambahkan Mahrus, para pemesan batik tulisnya, paling banyak berasal dari wilayah Probolinggo dan sekitarnya. Adapun pemesan dari luar daerah, hanya beberapa saja.

"Biasanya pesanan batik ini akan terus meningkat, hingga momen pesta demokrasi pemilihan kepala daerah atau Pilkada mendatang,"jelas Mahrus.

Editor: Maswin (maswin@investor.co.id )

IDTV Link
LIVE STREAMING

Saksikan tayangan informasi serta analisis ekonomi, keuangan, dan pasar modal di IDTV

Dapatkan info hot pilihan seputar ekonomi, keuangan, dan pasar modal dengan bergabung di channel Telegram "Official Investor.ID". Lebih praktis, cepat, dan interaktif. Caranya klik link https://t.me/+oCMJPFzpWeg0OGZl, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Adblock test (Why?)



2024-01-28 09:40:00Z

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berkah Pemilu, Usaha Batik Tulis Ronggo Mukti Banjir Pesanan - Investor.ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.