Search This Blog

Bertemu Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM, Alfin Parera Paparkan Rencana Layanan Kemasan di Sikka - Ekorantt.com

Bertemu Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM, Alfin Parera Paparkan Rencana Layanan Kemasan di Sikka - Ekorantt.com

Jakarta, Ekorantt.com – Penjabat Bupati Sikka Adrianus Firminus Parera, atau yang akrab disapa Alfin Patera, bertemu Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Sutamo di Jakarta.

Pertemuan itu membahas  rencana inovasi layanan kemasan produk UMKM.

Alfin Parera, dalam paparannya menjelaskan, Kabupaten Sikka memiliki geliat UMKM yang cukup tinggi khususnya di sektor makan minum. Namun pelaku UMKM terkendala dengan biaya produksi dan kemasan yang mahal.

Alfin Parera meminta dukungan Kemenkop UKM agar layanan kemasan untuk pelaku UMKM di Kabupaten Sikka terealisasi.

Deputi Bidang Usaha Mikro Sutamo mengapresiasi rencana inovasi yang direncanakan Pemerintah Kabupaten Sikka.

“Kami merespons permohonan bantuan rumah produksi kemasan. Mudah-mudahan ke depan semuanya bisa berjalan lancar sehingga di tahun 2024 kabupaten Sikka memiliki  rumah produksi layanan kemasan,” ujarnya.

Kadis Perdagangan dan Koperasi dan UMKM  Kabupaten Sikka, Yoseph Benyamin, yang ikut mendampingi Alfin Parera, bilang pihaknya sudah mengajukan proposal permohonan dana tugas pembantuan kepada Kementerian Koperasi dan UKM RI.

“Kita berharap di bulan April 2024 sudah mendapat informasi,” kata Yoseph.

Kabupaten Sikka pada 2024, kata Yoseph, akan mendapat dana tugas pembantuan sebesar Rp1,4 miliar. Dana itu, akan membiayai pembelian peralatan kemasan, bahan baku kemasan, tenaga konsultan, dan desain-desain.

“Sedangkan kita hanya siapkan bangunan gedung untuk layanan kemasan produk UMKM,” sambungnya.

Menurut Yoseph, produk makan minum mendominasi produk para pelaku UMKM di Sikka. Bila layanan kemasan sudah ada, maka biaya produksi UMKM ditekan.

“Produk UMKM kemasan mahal bisa diatasi karena produk makan minum kita nilai jualnya terlalu tinggi,” kata Yoseph.

Ia mencontohkan, harga keripik pisang produk lokal lebih mahal ketimbang produk yang sama dan didatangkan dari luar daerah. Salah satu penyebabnya adalah mahalnya harga kemasan.

“Kalau ada kemasan kita akan tekan biayanya bisa bersaing dengan produk yang berasal dari luar daerah. Karena saya jamin kualitas produk lokal jauh lebih bagus,” pungkas Yoseph.

Adblock test (Why?)



2024-01-20 14:03:54Z

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bertemu Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM, Alfin Parera Paparkan Rencana Layanan Kemasan di Sikka - Ekorantt.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.