Search This Blog

TPN Ganjar-Mahfud Nilai Gibran Tak Mengerti soal Izin Usaha Pertambangan - Okezone.com

TPN Ganjar-Mahfud Nilai Gibran Tak Mengerti soal Izin Usaha Pertambangan - Okezone.com

JAKARTA - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Aris Setiawan Yodi menilai calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka tidak mengetahui soal Izin Usaha Pertambangan (IUP).

TPN menilai apa yang disampaikan Gibran dalam debat cawapres di JCC Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam tidak sesuai konteks, sebab bagaimana tambang ilegal dicabut IUP-nya, sementara tambang ilegal tidak memiliki IUP.

"Tadi ada kontradiktif pak Gibran menyatakan bahwa kalau ada kerusakan lingkungan cabut aja IUP-nya. Pak Mahfud menyatakan ini semua ilegal lantas kok ada IUP-nya kalau ilegal," kata Aris di Media Center TPN Ganjar-Mahfud.

 BACA JUGA:

Lebih lanjut Aris menilai tanggapan yang disampaikan oleh Mahfud MD seperti memberikan kuliah kepada Gibran. Mahfud memberikan pengetahuan kepada Gibran tentang banyaknya tambang ilegal yang dibekingi oleh mafia.

"Nah ini yang paling penting jadi memang poinnya pak Mahfud sangat menguasai masalah sementara calon-calon yang lainnya mengawang-ngawang dan tidak mengerti masalah," pungkasnya.

Sebelumnya, Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 3 Mahfud MD menanggapi argumen Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka yang akan mencabut Izin Usaha Pertambangan (IUP) jika terbukti melakukan penambangan ilegal. Dia menyebut pencabutan IUP tak semudah membalikkan telapak tangan.

 BACA JUGA:

Sebab, kata dia, pertambangan ilegal melibatkan mafia. "Bilang cabut aja IUP-nya. Nah, mencabut IUP itu banyak mafianya. Saya sudah mengirim tim ke lapangan, ditolak, sudah putusan Mahkamah Agung," kata Mahfud MD di atas panggung debat, Jakarta Convention Center (JCC) Minggu (21/1/2024).

Mahfud mengutip pernyataan KPK soal banyak pertambangan ilegal yang di-backing oknum aparat dan pejabat. Menurutnya, hal itu menjadi permasalahan yang perlu diatasi.

"Itu begitu bahkan KPK seminggu lalu mengatakan untuk pertambangan di Indonesia itu banyak sekali yang ilegal, itu di-backing oleh aparat dan pejabat. Itu masalahnya," ucap Mahfud.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sal)

Adblock test (Why?)



2024-01-21 16:36:49Z

Bagikan Berita Ini

0 Response to "TPN Ganjar-Mahfud Nilai Gibran Tak Mengerti soal Izin Usaha Pertambangan - Okezone.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.