Search This Blog

Produksi Air Kemasan dan Roti, Ponpes NU IMK Lobar Rintis Usaha Industri IMK Mart | SUARANTB.com - SUARANTB.com

Produksi Air Kemasan dan Roti, Ponpes NU IMK Lobar Rintis Usaha Industri IMK Mart | SUARANTB.com - SUARANTB.com

 TGH Sahibudin  (Ekbis NTB/her)

SEBAGAI upaya mewujudkan kemandirian Pondok Pesantren (Ponpes) dan menciptakan wirausaha di kalangan santri-santriwati, pihak Pondok Pesantren (Ponpes) NU Ijtihadul Mu’minin Kuripan (IMK) Dusun Perengge Desa Kuripan Utara Kecamatan Kuripan Lombok Barat merintis sejumlah usaha Industri Kecil Menengah (IKM) berupa IMK Mart, Air Isi Ulang dan roti. Untuk membuka usaha ini, pihak ponpes telah menyiapkan lahan dan sedang mengurus kelengkapan lainnya.

MUDIRUL Aam atau Pimpinan Ponpes NU Ijtihadul Mu’minin Kuripan (IMK) TGH Sahibudin S. HI., MH., menerangkan tahun ini pihaknya akan membuka dan merintis usaha Industri yang dinamakan IMK Mart, “Untuk kemandirian ponpes, kami akan membuat IMK Mart, pabrik (pabrik) roti dan air kemasan. Ini kita lakukan agar bagiamana Pondok ini melahirkan Tahfiz Qur’an, dan mereka juga bisa mandiri berjuang untuk hidup mereka ke depan. Insya Allah tahun 2024 program-program ini kita bisa laksanakan,” jelasnya, Minggu, 21 Januari 2024.

Dijelaskan Kepala KUA Narmada ini, lokasi untuk usaha ini sudah disiapkan di depan ponpes. Ke depan dengan adanya IMK Mart ini, Santri dan santriwati bisa belanja di sana. Tidak perlu lagi keluar berbelanja. Wali santri atau siapa yang menjadi donaturnya mengirim uang untuk kebutuhan ke santri, nanti didebet. Berapa mereka berbelanja di sana akan terdeteksi melalui sistem yang akan dibuat pihak pondok. Dan pihaknya pun akan membuat laporan berkala kepala orang tua atau wali santri, terkait jumlah belanja anaknya. “Dan itu bisa dikontrol melalui WA Group,”ujarnya.

Untuk produk yang dijual di IMK mart ini nanti, pihaknya akan membuat air kemasan dan roti. Pihaknya akan merintis beberapa usaha ini secara bertahap. “Kita akan rintis, sedikit demi sedikit,” ujarnya.

Pihaknya berharap ada donatur atau dermawan yang bisa membantu pihak ponpes mengembangkan usaha ini. Sebab pihaknya bisa sendiri, namun butuh dukungan semua pihak untuk mewujudkan ponpes mandiri guna kesejahteraan bagi guru serta santri santriwati. Sebab usaha IKM ini menjadi upaya untuk mewujudkan kemandirian ponpes dan mengajarkan para santri santriwati untuk berwirausaha, sehingga begitu lulus bisa membuka usaha. (her)

Adblock test (Why?)



2024-01-23 02:16:03Z

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Produksi Air Kemasan dan Roti, Ponpes NU IMK Lobar Rintis Usaha Industri IMK Mart | SUARANTB.com - SUARANTB.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.