Search This Blog

Program EA PLN, Inovasi Pendukung Bagi Pelaku Usaha Agrikultur - Rakyat News Ekonomi

Program EA PLN, Inovasi Pendukung Bagi Pelaku Usaha Agrikultur - Rakyat News Ekonomi

RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Inovasi PT PLN (Persero) untuk mendukung produktivitas dan efisiensi operasional pelaku usaha masih terus berlanjut. Seperti Program Electrifying Agriculture (EA) sebagai komitmen dalam mendukung sektor agrikultur.

Sampai penghujung tahun 2024, jumlah pelanggan Program EA telah mencapai 3.340 di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (Sulselrabar).

Program EA merupakan inovasi PLN dalam mengajak para pelaku di sektor agrikultur seperti pertanian, perikanan, perkebunan hingga peternakan untuk beralih menggunakan alat-alat dan mesin produksi berbasis listrik sehingga lebih maju, efisien dan modern.

General Manager PLN UID Sulselrabar, Moch. Andy Adchaminoerdin menjelaskan, melalui program EA PLN berkomitmen mendukung pelaku usaha di sektor agrikultur menjadi lebih ramah lingkungan.

“Melalui program ini PLN juga berupaya menciptakan Creating Shared Value (CSV) bagi masyarakat dan lingkungan sekitar lewat berbagai inovasi teknologi kelistrikan. Electrifying Agriculture merupakan program yang digagas oleh PLN, kami optimis kualitas dan kuantitas produktivitas para petani dapat meningkat, maju dan modern,” ujar Andy.

Andy mencatat hingga akhir tahun 2023, total daya tersambung program EA sebesar 186.138 kiloVolt Ampere (kVA). “Program EA juga menjadi bagian dari langkah strategis perseroan dalam upaya mendukung pengentasan kemiskinan melalui sektor ketenagalistrikan,” kata Andy.

Salah satu petani bawang merah di Desa Saruran, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Sulsel), Hasbi menyampaikan, dengan menggunakan listrik dapat menghemat biaya operasional sampai 75 persen. Sebelum adanya listrik, ia menghabiskan biaya operasional sebesar Rp5,2 juta setiap panen. Namun dengan program EA, kebunnya hanya membutuhkan biaya Rp1,3 juta untuk satu kali panen.

Hasbi menambahkan, listrik tidak hanya berdampak positif bagi penghematan operasional tetapi juga berpengaruh kepada peningkatan kapasitas produksi. “Sebelum menggunakan listrik produksi kami hanya 45 ton bawang merah per tahun, hadirnya listrik ternyata juga meningkatkan kapasitas produksi menjadi 48 ton per tahun,” ungkap Hasbi.

Adblock test (Why?)



2024-01-14 05:05:47Z

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Program EA PLN, Inovasi Pendukung Bagi Pelaku Usaha Agrikultur - Rakyat News Ekonomi"

Post a Comment

Powered by Blogger.